Wednesday, March 29, 2017

PERTANYAAN SAAT INTERVIEW KERJA & JAWABANNYA

Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Jawabannya

Mengajukan lamaran pekerjaan tidak hanya memperhatikan curriculum vitae saja, setelah Anda berhasil dipanggil, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes wawancara kerja. Tes wawancara kerja atau interview ini menjadi langkah paling penting untuk menentukan Anda diterima atau tidak dalam perusahaan yang Anda lamar.

Oleh karena itu, sebelum interview berlangsung Anda harus mencari informasi seputar pertanyaan serta cara menjawabnya. Bagi pemula, menghadapi interview kerja mungkin bukan suatu hal yang mudah. Rasa panik dan gugup mungkin akan menghantui Anda.

Persiapan mental harus dilakukan jika Anda ingin lulus ketika mengikuti tes wawancara kerja. Selain itu, Anda harus menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pertanyaan sulit yang biasa ditanyakan dalam proses wawancara.
Pertanyaan Tersulit Dalam Interview Kerja dan Bocoran Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan tersulit yang akan keluar saat tes wawancara :

Ceritakan tentang diri Anda?
HRD pasti akan memberikan pertanyaan ini. Jawaban paling tepat adalah menjelaskan tentang diri Anda saat ini mulai dari kegiatan hingga potensi yang Anda miliki. Jawablah dengan simpel dan jangan bertele-tele.

Apa alasan Anda untuk resign dari pekerjaan sebelumnya?Berikan alasan yang tepat jangan sampai merendahkan perusahaan yang sebelumnya. Misalnya “Saya ingin lebih baik dalam mengembangkan keahlian yang saya miliki” atau jawaban sejenisnya.
Apa kekuatan terbesar di dalam diri Anda?

Ceritakan tentang kekuatan yang Anda miliki.?
Jawablah dengan logis supaya HRD yakin dengan kekuatan yang Anda miliki. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan jawaban untuk pertanyaan ini karena HRD tidak akan terlalu suka dengan orang yang terlalu percaya diri.

Jelaskan latar belakang pendidikan yang mampu mendukung karir Anda?
Dalam hal ini Anda bisa memberikan penjelasan tentang pendidikan formal dan non formal Anda. Misalnya “Pendidikan saya tidak hanya fokus pada teori saja, namun juga pada praktek yang bisa diterapkan sesuai teori yang ada.

Jika Anda diterima, kira-kira sampai kapan Anda mau bekerja di perusahaan ini?Berikan jawaban tepat, yang bisa meyakinkan HRD untuk menerima Anda sebagai karyawannya. Sebagai contoh ”Saya ingin bekerja di sini seterusnya selama perusahaan puas dengan hasil kerja saya”.


Itulah beberapa pertanyaan sulit yang sering dilontarkan oleh HRD saat melakukan tes interview. Persiapkan diri sebaik mungkin agar Anda bisa melewati interview kerja ini dengan rileks.

No comments:

Post a Comment

JAWABAN MENGGAMBAR ORANG PADA SAAT PSIKOTES

Sudah merupakan hal yang biasa dalam setiap penerimaan disuatu instansi pemerintah maupun swasta menyediakan tes psikotes (psikologi) dal...