Wednesday, March 29, 2017

JAWABAN KETIKA DITANYA GAJI SAAT INTERVIEW

Ketika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, hal wajib yang akan dilakukan adalah tes interview kerja atau wawancara. Bagi seorang pelamar, tes ini merupakan hal yang paling krusial dan mendebarkan. Tanpa lulus tes wawancara, seorang pelamar tidak bisa mendapatkan posisi dalam perusahaan yang dilamarnya.

Nah, salah satu hal yang perlu diketahui saat tes wawancara adalah memahami berbagai pertanyaan supaya bisa menjawab dengan tepat. Dalam tes wawancara terdapat beberapa pertanyaan jebakan yang bisa membahayakan posisi Anda sebagai pelamar, salah satunya adalah pertanyaan seputar gaji.
Jawaban Cerdas Ketika Ditanya Soal Gaji

Pertanyaan jebakan yang selalu ditanyakan dan bisa menimbulkan hal negatif adalah pertanyaan seputar gaji. Memang sekilas mudah dijawab, namun tahukah Anda pertanyaan ini bisa menimbulkan nilai negatif terhadap diri Anda sebagai calon karyawan. Untuk menanyakan hal ini, biasanya pewawancara mengutarakan pertanyaan “Berapa gaji yang Anda harapkan?”

Mendengar pertanyaan ini, sebenarnya membuat pelamar merasa bingung untuk menjawabnya, namun karena pertanyaan ini tidak hanya sekali ditanyakan kepada calon karyawan, maka Anda bisa menjawabnya dengan jawaban “Saya yakin perusahaan akan memberikan yang terbaik kepada saya ketika saya memberikan kontribusi terbaik pada perusahaan”.
Meski demikian, biasanya pelamar dipaksa untuk menyebutkan nominal gaji yang diinginkan. Ketika ditanyakan seperti itu, jangan sebutkan jumlah nominal. Utarakan kembali jawaban bahwa perusahaan pasti akan memberikan yang terbaik sesuai dengan standar kerja. Ketika menyebutkan jawaban yang salah tentang gaji, maka bukan tidak mungkin jika pewawancara menolak lamaran Anda.
Tidak Hanya Gaji, Tunjangan juga Sering Menjadi Pertanyaan Saat Interview Kerja

Selain besaran gaji, ada juga kemungkinan ditanyakan soal tunjangan yang bakal didapat selama bekerja. Misalkan, tunjangan kesehatan. Untuk permintaan tunjangan ini, kandidat berpengalaman kerja bisa bercermin dari perusahaan sebelumnya. Sebaliknya bagi yang belum perpengalaman, bisa tanya-tanya dulu soal poin-poin tunjangan yang biasanya diberikan perusahaan tersebut apa saja.

Sekarang bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh interviewer mengenai gaji? Saya yakin sekali pasti Anda sudah siap. Bagi yang masih bingung kira-kira berapa standar gaji di suatu perusahaan, bisa mengunjungi situs Job-Like berikut ini.

No comments:

Post a Comment

JAWABAN MENGGAMBAR ORANG PADA SAAT PSIKOTES

Sudah merupakan hal yang biasa dalam setiap penerimaan disuatu instansi pemerintah maupun swasta menyediakan tes psikotes (psikologi) dal...