Wednesday, March 15, 2017

CONTOH USAHA RUMAHAN MODAL KECIL

Jika anda ingin membangun sebuah usaha, mulailah dari usaha rumahan modal kecil, karena dengan begitu akan bisa meminimalisir berbagai resiko dalam menjalankannya nanti. Banyak pemula yang tidak begitu memperhatikan hal ini, seringkali mereka terburu-buru untuk bisa meraup keuntungan, dalam anggapannya modal yang besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.
Anggapan tersebut sebetulnya tidak salah juga, namun harus kita perhatikan, pengalaman harus memupuni untuk bisa menjalankan usaha dengan modal besar.
Untuk itulah sebaiknya gunakan modal secara bertahap meski kita memilikinya dalam jumlah yang besar, sambil kita memupuk pengalaman. Karena tidak ada seorang pun pengusaha yang sukses dalam waktu singkat, semuanya dilakukan dengan kerja keras dan perjuangan.
Jadi mengapa kita harus memilih usaha rumahan modal kecil terlebih dahulu untuk memulai, salah satunya karena kita tidak perlu menyediakan tempat usaha, terlebih jika kita tidak memilikinya sehingga memaksakan dengan cara mengontrak atau menyewa salah satu ruang usaha.
Akan lebih baik jika modal pun tersedia gunakanlah untuk memperbesar usaha, seperti penyediaan stok barang atau lainnya.
Beberapa contoh ide usaha di bawah ini tidak akan membuat anda pusing dalam memikirkan pengadaan modal, dan bisa di jadikan sebagai ajang untuk memperdalam pengalaman kita berbisnis. Meski begitu bukan berarti usaha ini tidak bisa memberikan keuntungan yang besar, untuk masalah itu tergantung seberapa serius kita menjalankannya.
Berikut ini beberapa contoh ide usaha rumahan dengan modal kecil yang inspiratif untuk anda :


1. Usaha Makanan kecil
Makanan kecil banyak dicari sebagai camilan yang di sukai siapa saja. Untuk menjalankannya cukup dengan menyediakan meja kecil yang bisa di letakkan di depan halaman rumah dan anda pun telah dapat membuka usaha. Atau jika ingin lebih besar bisa tempuh kerja sama dengan para pemilik warung yang berada di sekitaran untuk menitipkan camilan yang anda buat.
Meski begitu jangan anggap remeh bisnis rumahan kecil seperti ini. Berapa banyak sekarang ini pengusaha makanan kecil yang sukses bahkan menjadi miliyader dari awalnya yang hanya dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Tentunya kita semua masih ingat saat produk kripik singkong yang terkenal dengan level pedasnya (ma icih) mampu menyita perhatian masyarakat luas.
Itulah salah kehebatan usaha makanan kecil ini, meski dengan modal minim namun jika produk yang di hasilkannya memiliki keunikan tersendiri akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.
Jika kita berniat membangun bisnis rumahan dengan makanan kecil seperti ini, selalu cari ide-ide baru yang bisa di terapkan kepada produk, peluang selalu terbuka jika kita selalu kreatif dan mau berusaha.

2. Usaha Counter Pulsa dan Loket Pembayaran
Saat ini telepon seluler merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Dengan semakin banyaknya orang yang memakai telepon seluler, semakin banyak pula yang memerlukan pulsa.
Ditambah dengan trend pengguna smartphone atau handphone cerdas yang telah menjalar secara luas. Perangkat ini selain membutuhkan pulsa juga memerlukan kuota internet untuk menjelajahi dunia maya, sehingga tentunya membuat semakin bertambah kebutuhan pulsa untuk para penggunanya.
Selain counter pulsa, anda juga dapat menambah layanan pembayaran listrik, air, telepon dan lain sebagainya. Terlebih sekarang ini pengguna telah di arahkan untuk membayar dengan berupa voucher atau token dalam pembayaran listrik. Hal ini dapat menjadi celah untuk menambah penghasilan usaha yang kita jalankan.
Baca juga sukses menjalankan usaha loket pembayaran online ppob
3. Usaha Minuman Kemasan
Serupa dengan usaha makanan kecil, minuman kemasan juga kini banyak dilakukan dengan sistim rumahan tidak hanya di jalankan hanya oleh industri besar. Dan banyak juga para pelakunya yang bisa sukses membangun bisnisnya.
Contohnya membuat minuman jus buah dalam kemasan, minuman yoghurt kemasan, hingga membuat minuman sari buah yang kini banyak penggemarnya.
Untuk menjalankannya pun bisa menggunakan modal yang kecil, kisaran di bawah 10 juta sudah cukup untuk memulainya. Tipsnya berikan sedikit kelebihan pada produk anda, seperti bisa bermanfaat untuk kesehatan atau di buat tanpa pengawet buatan, selain itu kita juga bisa berkreasi kepada kemasan agar terlihat unik dan bisa menarik pelanggan.
4. Usaha Berjualan Masakan
Produk masakan menjadi sebuah produk yang selalu di butuhkan setiap hari oleh setiap orang. Maka untuk berjualan masakan tidak harus selalu didirikan di tempat khusus, di jalankan sebagai usaha rumahan pun sudah bisa cukup menghasilkan.
Target konsumennya adalah para warga yang berada di sekitaran rumah kita. Untuk bisa berkembang dan terus bertahan tergantung dari piawainya kita meracik masakan yang lezat sehingga banyak disukai.
Tidak menutup kemungkinan jika kita cukup terampil memasak, usaha yang terbilang sederhana seperti ini bisa berkembang menjadi besar. Pasalnya jika masakan kita disukai, kabarnya bisa tersiar ke wilayah yang lebih besar dengan sendirinya.
Dan hal seperti ini sudah cukup banyak orang yang membuktikannya, banyak diantaranya para pengusaha kuliner sukses yang pada awal usahanya hanya dirintis dengan cara menjual masakannya secara rumahan.
Baca juga peluang usaha masakan rumahan yang menguntungkan
5. Bisnis Toko Online ( Online Shop )
Untuk membuka sebuah toko online tidak begitu memerlukan modal yang besar, hanya tergantung dari barang yang akan kita jual. Jika modal terbatas bisa pilih produk semacam keperluan fashion misalnya, pakaian, tas, baju anak dan lain sebagainya. Produk yang kita jual pun tidak perlu harus hasil produksi sendiri, kita bisa mencari grosir-grosir besar lalu kita pasarkan secara eceran.
Menjalankan toko online sebagai usaha rumahan pun menjadi salah satu usaha yang praktis dan bisa di kerjakan siapa saja. Dari mulai ibu rumah tangga bahkan hingga pelajar akan tersedia cukup waktu untuk menjalankannya.
Terpenting produk yang akan kita pasarkan adalah produk yang mudah dijual dan paling laris dijual di internet, dan tidak kalah penting juga promosi harus senantiasa di lakukan agar toko online kita mudah di temukan konsumennya.
Baca juga ketahui beberapa keuntungan miliki toko online pribadi
6. Bisnis Online
Banyak bidang bisnis online yang bisa kita andalkan untuk meraup keuntungan, dan kesemua bidang tersebut dapat di jalankan secara rumahan.
Diantaranya saja menjadi seorang blogger, affiliate marketer, penulis konten dan lain sebagainya. Dan menariknya kesemua bidang toko online tersebut bisa di jalankan dengan modal yang sedikit bahkan tanpa modal sama sekali. Hanya tentu saja kita harus memiliki seperangkat komputer dan akses internet untuk memulainya.
Akan tetapi untuk menjadi pebisnis online atau di istilahkan seorang internet marketer, kita wajib memiliki ilmu pengetahuannya secara mendalam, agar bisnisnya tidak berjalan setengah-setengah.
Namun begitu hal tersebut masih bisa kita upayakan dengan cara mempelajari ilmunya yang juga bisa kita dapatkan pada internet juga. Jika ingin lebih bisa mendalam kita bisa berupaya belajar kepada orang yang lebih pakar di bidangnya.
Baca juga peluang bisnis online 2017, dengan dan tanpa modal
7. Rental PS 3
Memiliki rumah di kawasan padat penduduknya ? buka usaha rental PS3, selain dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil di kisaran 10 jutaan saja untuk sekitar 3 – 4 unit PS3, peminatnya juga sedang cukup banyak dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.
Dengan tarif sewa sekitar 5000 rupiah perjamnya, jika memiliki 4 unit PS3 dapat di peroleh 20 ribu rupiah, itu baru dalam satu jam. Jika waktu produktif dalam satu harinya kita asumsikan saja hanya 5 jam, maka angka 100 ribu rupiah bisa masuk kantong dengan mudah.
Pengeluaran rutin perlu persiapkan untuk biaya listrik dalam setiap bulannya, sedangkan jika di jalankan secara rumahan karyawan tidak begitu di butuhkan karena dijalankan sendiri pun tidak begitu menyita waktu yang banyak.
8. Warnet & Game Online
Serupa dengan rental PS, warnet dan game online pun tidak kalah di minati masyarakat. Salah satu kelebihannya pada bisnis ini segmen kalangan yang di targetkan bisa lebih luas. Pasalnya kegiatan di warnet dan game online tidak hanya menyasar konsumen yang menggemari permainan saja, melainkan ada juga yang membutuhkannya untuk mendukung kepentingan pekerjaan, pendidikan hingga bersosial di dunia maya.
Oleh karena itu, jika memiliki rumah di kawasan sekitar perkantoran ataupun sekolahan, bisnis ini bisa lebih menjanjikan.
9. Rental Kendaraan
Bisnis rental kendaraan merupakan salah satunya juga yang praktis untuk di jalankan secara rumahan. Namun begitu, terutama untuk kendaraan berupa mobil tentunya akan membutuhkan modal yang cukup besar mengingat harganya yang tinggi.
Solusi untuk menekan biaya bisa tempuh pembelian mobil dengan sistim kredit, atau sebagai langkah awal bagi yang telah memiliki mobil pribadi bisa berdayakan untuk digunakan usaha. Selanjutnya jika pengalaman telah di kuasai bisa di kembangkan dengan menambah unit kendaraan khusus rental.
Perlu di ketahui, menjalankan bisnis rental kendaraan membutuhkan pengalaman yang memupuni mengingat resiko keamanan kendaraan perlu diperhatikan dengan teliti.
10. Isi Ulang Air Minum Galonan
Air minum isi ulang kemasan galonan juga sekarang ini hampir menjadi kebutuhan di setiap rumah tangga. Meski merupakan air yang siap minum namun tidak selalu di pergunakan untuk keperluan tersebut saja. Tidak sedikit yang membutuhkannya untuk keperluan lain seperti memasak bahkan mencuci perabotan jika sumber air di rumahnya tidak bersih dan layak konsumsi.
Belum lagi ada target konsumen yang lebih besar dapat datang dari wilayah-wilayah pabrikan, industri, pertokoan yang membutuhkan air minum untuk para karyawannya.
Untuk memperluas jangkauan wilayah pemasaran, kitapun bisa menyediakan armada pengiriman agar pesanan air isi ulang dapat di jalankan dengan sisitim delivery. Umumnya kendaraan berupa motor roda dua atau tiga sudah cukup untuk menjangkau wilayah yang luas.
11. Service HP
Memiliki modal yang minim sekali ? Perkaya modal lain selain uang yaitu keterampilan salah satunya untuk menjalankan usaha service HP ini. Sebabnya usaha yang satu ini lebih menitik beratkan kemampuan serta pengalaman pelaku usahanya di bandingkan dengan uang, dengan memiliki kemampuan yang tinggi bukan tidak mungkin pelanggan akan terus berdatangan dan menghasilkan keuntungan basar.
Untuk memiliki keterampilan service hp ini bisa di upayakan dengan jalan mempelajari dasar-dasarnya baik melalui kursus ataupun langsung kepada orang yang telah mahir. Selanjutnya ilmu yang telah dimiliki tersebut perlu kita kembangkan dengan sering memperaktekkannya secara langsung.
Sedangkan tempat usaha tidak selalu harus di jalankan di tempat atau konter khusus, karena pengguna ponsel yang menjadi target konsumen terdapat dimana saja termasuk di wilayah pemukiman kita.
12. Wedding Organizer
Seorang wedding organizer ( WO ) sebetulnya hanya bertindak sebagai pencetus atau pemberi ide untuk penyelenggaraan acara-acara pernikahan agar berjalan dengan meriah sesuai kehendak pelanggan. Jadi tidak perlu modal besar untuk mempersiapkan berbagai alat-alat pendukung pernikahan seperti tenda, dekorasi, baju pengantin dan lain sebagainya.
Yang harus di kuasai seorang WO adalah kreatifitas dan konsep untuk menyelenggarakan acara pernikahan agar menarik dan berjalan lancar. Dan penting juga untuk memiliki jaringan yang bisa diandalkan dengan para pelaku bisnis di bidang acara seperti ini, seperti catering, peralatan pesta dan lain sebagainya.
Oleh karena itu bisnis ini bisa di jalankan dimana saja termasuk secara rumahan dengan dijalankan secara bertahap sambil memupuk reputasi positif dari para pelanggan. Dengan sendirinya jika sudah dikenal, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan maksimal.
13. Aneka Usaha Kuliner
Cukup banyak aneka usaha kuiliner yang bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan modal kecil yang berpotensi bisa memberikan keuntungan. Jika kesulitan dalam hal pemasaran karena lokasi rumah tinggal kurang strategis bisa di upayakan bekerja sama dengan para pelaku bisnis kuliner yang memiliki tempat usaha produktif seperti toko-toko yang menjual aneka kuliner, warung pinggir jalan hingga pemasaran secara online. Beberapa contoh diantaranya :
•    Bisnis Selai Rumahan.
Sekarang ini produk selai buatan homemade sedang banyak di gemari karena banyak dinilai memiliki kelebihan dibuat dengan tanpa pengawet buatan dan juga lebih banyak variasi rasa yang di tawarkan. Ulasan lebih lanjut di artikel berikut bisnis selai rumahan hasilkan laba menggiurkan
•    Bisnis Keju Rumahan.
Serupa dengan selai, produk keju rumahan pun memilki pasarnya tersendiri dari mulai untuk di konsumsi kalangan rumah tangga sendiri hingga pelaku bisnis kuliner lain sekelas cafe dan restoran. Cara membuatnya bisa baca di artikel cara membuat keju untuk bisnis rumahan
•    Sambal Kemasan Rumahan.
Tidak kalah populer sambal juga bermunculan versi buatan pebisnis rumahan, bahkan produk ini ada yang pelakunya sukses menjual produk buatannya hingga kepasaran mancanegara. Jika anda menjadi salah satu yang pandai meracik sambal yang lezat, tidak ada salahnya coba di pasarkan mulai dari tahap konsumen sekitar. Secara lengkap diulas di artikel usaha sambal kemasan rumahan, bisa raup untung menggiurkan
Itulah beberapa contoh usaha rumahan modal kecil yang bisa menjadi pilihan, sesuaikan dengan keberadaan lokasi tempat tinggal serta bakat dan minat yang dimiliki. Meski di mulai secara sederhana, dengan ketekunan dan dijalankan secara konsistien tetap akan memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi bisnis yang besar. Bisa demikian karena sudah cukup banyak yang telah bisa berhasil membuktikan.
Semoga Sukses…

JAWABAN MENGGAMBAR ORANG PADA SAAT PSIKOTES

Sudah merupakan hal yang biasa dalam setiap penerimaan disuatu instansi pemerintah maupun swasta menyediakan tes psikotes (psikologi) dal...