Wednesday, March 15, 2017

APA ITU DROPSHIPPER, RESELLER & MARKETER

Pengertian Dan Perbedaan Dari Marketer Reseller Dan Dropshipper

Didunia bisnis online,orang bebas memasarkan berbagai jenis produk dan jasa,selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan atau produk sendiri. Bahkan tidak semuanya merupakan milik kita.pada bisnis jual beli konvensional,sering dikenakan aturan bahwa pejualan wajib membeli lebih dulusemua produk dari agen,baru kemudian dijual lagi di bisnis jual beli online, hal itu tidak selalu berlaku.
Maka muncul beberapa istilah, seperti produsen, marketer, reseller,dan dropshipper. Ada beberapa istilah lain,tapi empat istilah itubisa dikatakan paling merepresentasikan tingkatan dalam bisnis dalam bisnis online. Bagi yang sudah bergaul di komunitas jual beli online, pasti cukup familier dengan istilah -istilah itu. Apa Pengertian Dan Perbedaan Dari Marketer Reseller Dan Dropshipper ? berikut penjelasannya :
istilah dalam online shop

 PRODUSEN
Jika kamu punya hobi membuat kerajinan art and craft,yang kemudian memproduksi dan menjualnya,maka kamu adalah seorang produsen.Kamu lah pencipta produk itu,sekaligus memasarkannya mempromosikan,menjual,dan melayani pesanan.tapi ada saatnya seorang produsen memerluan bantuan pihak lain untuk melakukan itu semua, sehingga mereka dapat fokus pada bidang produksi.
Menjadi produsen merupakan tingkatan yang paling kompleks dalam suatu bisnis perlu dibekali kemampuan manajemen, komunikasi, menguasai keuangan, strategi bisnis strategi bisnis serta wawasan yang luas, dan ketekunan. Tapi begitu kamu menemukan passion disuatu bidang, seperti menjadi ilustrator, dan karyamu disukai banyak orang, maka akan banyak ada pihak yang bersedia membantumu. Dan saat itulah menjadi produsen adalah suatu keniscayaan.

MARKETER
Sesuai namanya, marketer adalah seorang yang fokus pada bisnis marketing atau pemasaran. Marketer biasanya berafiliasi dengan produsen,membatu mereka memasarkan produknya secara online. Para marketer biasanya seorang bloger, penulis konten, buzzer media sosial, atau reviewer. Intinya, mereka membantu agar suatu produk dikenal lebih luas dan mencapai target yang diharapkan.Berpromosi juga menjadi bagian kerja seorang marketer.
Untuk itu seorang marketer dituntut punya ide-ide cemerlang agar dapat melakukan terobosan dibidang marketing,serta koneksi yang luas.marketer online saat ini merupakan jenis bisnis online menggiurkan.Ada banyak bloger, reviewer, buzzer media sosial, yang bisa meraup balesan hingga puluhan juta rupiah setiap melakukan posting artikel atau tweet,poto atau vidio.Bahkan perusahaan raksasa selevel google, facebook, twitter, mendulang keuntungan dari bisnis marketing online yang mereka tawarkan.
RESELLER
Produsen dan marketer memerlukan reseller,sebagai pihak yang menjual produk atau jasa kepihak lain.reseller merupakan pelaku bisnis,dan jika itu dilakukan secara online maka tergolong bisnis online.Mereka menjual produk di wab,forum jual beli online,toko online,atau online marketplace,tapi merek bukanlah produsen produk berikut.reseller hanya perlu menyediakan
stok secukupnya,menjual,dan melakukan aktivitas pengiriman pesanan ke pembeli.setelah stok habis,mereka bisa mengambil lagi dari produsan atau distibutor atau agen penyedia stok.
Bisnis reseller pas untuk jenis produk yang evergreen,tidak akan lekang oleh waktu,dan variaannya tidak banyak,sehingga tidak terlalu memakan space penyimpanan.misalnya hijab muslim,perlengkapan slat,kaos kaki,sarung tangan,topi,mantel hujan,dan pernak pernik sejenis.karna menyimpan dan melihat produknya langsung,reseller bisa memastikan ketersediaan dan kualitas barang,sehingga mempermudah melayani pesanan.
istilah dalam bisnis online shop
DROPSHIPPER
Nyaris sama dengan resseller, dropshipper menjual barang yang bukan peroduknya sendiri, dan bukan miliknya. Beda dengan resseller, dropshipper tidak menyedikan stok produk sama sekali. Dropshipper melakukan penjualan online, setiap kali ada pemesan maka mereka akan menyampaikan ke pihak resseller, distributor, atau produsen. pihak itulah yang akan melakukan pengiriman pesanan ke konsumen.
Inilah jenis bisnis online yang paling praktis,namun sekaligus juga agak rumit sebab seorang
dropshipper harus tekun melakukan komunikasi dan mediasi antara konsumen dengan penyedia produk.pihak dropshipper harus memastikan keinginan pembeli bisa dipenuhi sebelum dilakukan. Akibat tidak melihat dan menyimpan stok produk, dropshipper tidak bisa langsung memantau ketersediaan dan kualitas barang.Ketika pembeli tidak merasa puas dengan kondisi produk dropshipper harus tetap bertanggung jawab memberi penjelasan.
Inilah tantangan utama sebagai dropshipper,walau kadang ada yang menganggap menjadi dropshipper adalah bisnis online paling mudah dan murah,sebab tidak perlu keluar modal besar.Dari empat hierarki di atas, menjadi produsen dapat dikatakan yang tersulit. Sedangkan dropshipper merupakan yang paling mudah dan murah.reseller tergolong banyak diminati pembisnis online,terutama untuk produk fashion dan aksesorinya tentu saja,semakin banyakpelaku bisnis di suatu bidang,makin besar pula kopentensinya.apabila kamu punya skill atau passion
menciptakan sesuatu, ingin memproduksi, memasarkan, dan menjualnya, bisa dicoba menjadi produsen.Memang tantangannya lebih berat,tapi kamu akan punya pasar niche, pasar untuk bisnismu.

Dan jika kamu menguasainya,sangat besar peluangnya untuk berkembang.Bagi yang punya passion saling berbagi informasi,senang mempromosikan sesuatu, punya jaringan luas,senang bergaul,maka menjadi maketter online adalah pilihan yang ok.sementara untuk menjadi resellerdan dropshipper, kamu harus punya jiwa berdagang dan melayani.
Tapi inti dari semuanya adalah kamu wajib punya passion dibidang bisnis.sudah menentukan kamu ingin terjun dibidang yang mana dibisnis online ? Produsen, marketer, reseller, atau dropshipper?

JAWABAN MENGGAMBAR ORANG PADA SAAT PSIKOTES

Sudah merupakan hal yang biasa dalam setiap penerimaan disuatu instansi pemerintah maupun swasta menyediakan tes psikotes (psikologi) dal...